Kemajuan Teknologi dan informasi
merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia yang memberikan banyak
akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai
bidang, khususnya bidang pendidikan.
Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi dapat digunakan dalam sistem pembelajaran, upaya tersebut dilakukan untuk menarik anak didik supaya tidak merasa bosan, sehingga Sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan menerima dengan patuh semua ajaran yang terdapat didalamnya. Berikut ungkapan dari Paulo Fraire. Dengan memanfaatkan teknologi di dalam dunia pendidikan, diharapkan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung tertutup menjadi terbuka dan lebih proaktif, sehingga akan memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif.
Dalam rangka meningkatkan produktivitas teknologi informasi di bidang Pendidikan, sekolah-sekolah harus merespon perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan yang baru dan lama. Peran seorang guru masih tetap dibutuhkan dikelas, walaupun pembelajaran di sekolah sudah menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efisien dan efektif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
A. Aplikasi Produktivitas
Dalam perkembangan teknologi saat
ini, telah banyak aplikasi yang telah diproduksi oleh pabrik pabrik teknologi
di dunia. Salah satunya adalah aplikasi produktivitas. Aplikasi produktivitas
merupakan segala aplikasi yang dapat memudahkan/membantu manusia dalam
menciptakan produk mereka. Dengan adanya smartphone yang mudah dibawa
kemana-mana, kini, aplikasi produktivitas dapat diunduh di google play store.
Berikut merupakan contoh dari
aplikasi produktivitas:
dengan beberapa persoalan seperti, mengetikkan teks, memodifikasi teks, membentuk, memeriksa, menyimpan, dan mencetak dokumen.
2. Spreadsheet Dan Simulasi
Siapa
sih yang nggak tau aplikasi pengolah angka, ya walaupun emang tidak populer,
tapi dalam beberapa bidang seperti accounting aplikasi pengolah angka menjadi
aplikasi yang paling sering dibutuhkan. Bagi yang sistem operasi-nya windows
maka kalian akan mengetahui bahwa aplikasi yang di maksud adalah Microsoft
Excel. Aplikasi pengolah angka ini secara umum disebut spreadsheet yang terdiri
dari kumpulan cell. Cell tersebut mengandung nilai, label atau formula, dan
fungsi matematika tertentu.
Aplikasi
ini juga menyediakan beberapa fasilitas yaitu mengatur list/daftar,
replikasi otomatis, fungsi langsung pakai, macro, rekalkulasi otomatis, format,
validasi, tautan/linking, kemampuan basis data, dan mampu menjawab perntanyaan
“what-if”. Selain itu spreadsheet juga memiliki fungsi untuk membentuk suatu
diagram atau grafik. Dapat digolongkan berdasarkan bentuk grafiknya yaitu Pie
chart, Line chart, Bar chart, Stack chart, dan Scatter chart. Intinya berbagai
kemudahan dalam pengoperasian angka dapat dimanfaatkan dengan menggunakan
spreadsheet.
Dalam aplikasi grafik dan multimedia dikenal istilah pixel yaitu titik hitam, putih, atau berwarna yang ada di layar komputer yang disusun dalam suatu matriks. Selain itu adapula istilah bitmapped dan vector grhapics. Bitmapped graphics atau yang disebut raster graphics adalah format penyimpanan gambar yang menunjukkan bagaimana pixel dipetakan kelayar komputer, umumnya membutuhkan memory yang besar. Contoh format: bmp, jpg, gif, tiff. Vector graphics atau yang disebut object-oriented graphics adalah gambar yang disimpan sebagai kumpulan baris dan bentuk, membutuhkan memory yang tidak terlalu besar, tapi software untuk melakukan kalkulasi matematik. Contoh format: CGM, SVG.
Saat
ini teknologi grafik dan multimedia telah mengembangkan gambar 3D dan animasi.
Salah satu aplikasinya adalah 3D modeling software yang menciptakan dan
memanipulasi objek-objek 3D dengan kakas yang mirip dengan drawing software,
tetapi dilengkapi dengan operasi-operasi spesifik untuk objek 3D. Selain itu
ada pula software animasi yang menciptakan gambar bergerak-gerak. Biasanya
berformat Gif atau SVG.
B. Penggunaan Aplikasi Produktivitas
dalam Pembelajaran
Pada
era modern ini perkembangan mengenai teknologi informasi sudah berjalan dengan
pesat, serta merambah berbagai sektor kehidupan. Pemanfaatan teknologi
informasi berguna untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Pendidikan perlu
digabungkan dengan teknologi informasi yang terbukti mampu mempercepat proses
pembelajaran dan mempromosikan sebuah metode pembelajaran lebih inovatif daripada
penggunaan buku konvensional. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi
berguna bagi guru maupun murid, salah satu yang paling dirasakan adalah dalam
hal pengumpulan tugas.
Aplikasi
produktivitas yang sering digunakan dalam pembelajaran yaitu Microsoft word.
Selain membantu siswa, aplikasi ini juga mudah digunakan. Berikut merupakan
aplikasi produktivitas yang sering digunakaan siswa:
1. Microsoft office Word
Seperti
yang telah dipaparkan diatas, Microsoft office word merupakan aplikasi yang
paling banyak digunakan. Pada siswa, office word brfungsi untuk menulis tugas
dan membuat makalah, untuk guru, biasanya digunakan untuk membuat rancangan
pembelajaran.
2. Microsoft office Powerpoint
Aplikasi
ini memuat berbagai tampilan menarik untuk digunakan sebagai media presentasi.
Pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk dapat menyampaikan pendapat didepan
kelas, sehingga Microsoft office power poin digunakan untuk mempresentasikan
hasil diskusi siswa. Dengan menggunakan power point, tampilan presentasi
menjadi lebih menarik.
3. Microsoft office exel
Meskipun
aplikasi pengolah kata ini jarang digunakaan dikelas, namun aplikasi ini sangat
penting bagi guru untuk merekap hasil evaluasi siswa. Dengan menggunakan
aplikasi ini, guru tidak lagi pusing untuk menghitung nilai hasil belajar
siswa. Dengan memasukkan formula pada kolom, maka hsil nilai siswa selama 1
tahun sudah dapat dilihat.
4. Adobe Flash player
Aplikasi ini mengeluarkan output berupa video. Aplikasi ini dapat membantu siswa dan guru pada materi yang abstrak. Misalnya pada materi genetika pada mata pelajaran biologi. Guru tidak mungkin dapat mengenalkan gen pada siswa melalui mikroskop, sehingga guru dapat membuat ilustrasi melalui aplikasi ini guna memperjelas materi genetika dan mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Porsche Macan, Aplikasi atau
website apa untuk menunjang produktivitas dalam dunia pendidikan? 2017,
https://www.dictio.id/t/aplikasi-atau-website-apa-untuk-menunjang-produktivitas-dalam-dunia-pendidikan/14088
(diakses pada 22 april 2018)
https://sites.google.com/site/escampur1002/perkembangan-teknologi
(diakses pada 22 april 2018)
https://blogs.itb.ac.id/ku1071k0316213083febirahmadani/2013/10/21/aplikasi-produktivitas/
(diakses pada 22 april 2018)
https://blogs.itb.ac.id/wismaekayanti/2013/10/20/aplikasi-produktivitas/
(diakses pada 22 april 2018)
Komentar
Posting Komentar