MENGGUNAKAN APLIKASI PRODUKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN

 


            Kemajuan Teknologi dan informasi merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang, khususnya bidang pendidikan.

            Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi dapat digunakan dalam sistem pembelajaran, upaya tersebut dilakukan untuk menarik anak didik supaya tidak merasa bosan, sehingga Sekolah tidak lebih merupakan bangunan tembok penjara yang menjerat penghuninya (para siswa) untuk senantiasa mengikuti dan menerima  dengan patuh semua ajaran yang terdapat didalamnya. Berikut ungkapan dari Paulo Fraire. Dengan memanfaatkan teknologi di dalam dunia pendidikan, diharapkan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung tertutup menjadi terbuka dan lebih proaktif, sehingga akan memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif dan kompetitif.

            Dalam rangka meningkatkan produktivitas teknologi informasi di bidang Pendidikan, sekolah-sekolah harus merespon perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan yang baru dan lama. Peran seorang guru masih tetap dibutuhkan dikelas, walaupun pembelajaran di sekolah sudah menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efisien dan efektif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

A. Aplikasi Produktivitas

Dalam perkembangan teknologi saat ini, telah banyak aplikasi yang telah diproduksi oleh pabrik pabrik teknologi di dunia. Salah satunya adalah aplikasi produktivitas. Aplikasi produktivitas merupakan segala aplikasi yang dapat memudahkan/membantu manusia dalam menciptakan produk mereka. Dengan adanya smartphone yang mudah dibawa kemana-mana, kini, aplikasi produktivitas dapat diunduh di google play store.

Berikut merupakan contoh dari aplikasi produktivitas:


1. Pemrores kata dan desktop publishng

 

            Pemrosesan kata terkait
dengan beberapa persoalan seperti, mengetikkan teks, memodifikasi teks, membentuk, memeriksa, menyimpan, dan mencetak dokumen.


2. Spreadsheet Dan Simulasi



            Siapa sih yang nggak tau aplikasi pengolah angka, ya walaupun emang tidak populer, tapi dalam beberapa bidang seperti accounting aplikasi pengolah angka menjadi aplikasi yang paling sering dibutuhkan. Bagi yang sistem operasi-nya windows maka kalian akan mengetahui bahwa aplikasi yang di maksud adalah Microsoft Excel. Aplikasi pengolah angka ini secara umum disebut spreadsheet yang terdiri dari kumpulan cell. Cell tersebut mengandung nilai, label atau formula, dan fungsi matematika tertentu.

            Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fasilitas yaitu mengatur list/daftar,  replikasi otomatis, fungsi langsung pakai, macro, rekalkulasi otomatis, format, validasi, tautan/linking, kemampuan basis data, dan mampu menjawab perntanyaan “what-if”. Selain itu spreadsheet juga memiliki fungsi untuk membentuk suatu diagram atau grafik. Dapat digolongkan berdasarkan bentuk grafiknya yaitu Pie chart, Line chart, Bar chart, Stack chart, dan Scatter chart. Intinya berbagai kemudahan dalam pengoperasian angka dapat dimanfaatkan dengan menggunakan spreadsheet.


3. Grafik Dan Multimedi



           Dalam aplikasi grafik dan multimedia dikenal istilah pixel yaitu titik hitam, putih, atau berwarna yang ada di layar komputer yang disusun dalam suatu matriks. Selain itu adapula istilah bitmapped dan vector grhapics. Bitmapped graphics atau yang disebut raster graphics adalah format penyimpanan gambar yang menunjukkan bagaimana pixel dipetakan kelayar komputer, umumnya membutuhkan memory yang besar. Contoh format: bmp, jpg, gif, tiff. Vector graphics atau yang disebut object-oriented graphics adalah gambar yang disimpan sebagai kumpulan baris dan bentuk, membutuhkan memory yang tidak terlalu besar, tapi software untuk melakukan kalkulasi matematik. Contoh format: CGM, SVG.

            Saat ini teknologi grafik dan multimedia telah mengembangkan gambar 3D dan animasi. Salah satu aplikasinya adalah 3D modeling software yang menciptakan dan memanipulasi objek-objek 3D dengan kakas yang mirip dengan drawing software, tetapi dilengkapi dengan operasi-operasi spesifik untuk objek 3D. Selain itu ada pula software animasi yang menciptakan gambar bergerak-gerak. Biasanya berformat Gif atau SVG.

B. Penggunaan Aplikasi Produktivitas dalam Pembelajaran

            Pada era modern ini perkembangan mengenai teknologi informasi sudah berjalan dengan pesat, serta merambah berbagai sektor kehidupan. Pemanfaatan teknologi informasi berguna untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Pendidikan perlu digabungkan dengan teknologi informasi yang terbukti mampu mempercepat proses pembelajaran dan mempromosikan sebuah metode pembelajaran lebih inovatif daripada penggunaan buku konvensional. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi berguna bagi guru maupun murid, salah satu yang paling dirasakan adalah dalam hal pengumpulan tugas.

            Aplikasi produktivitas yang sering digunakan dalam pembelajaran yaitu Microsoft word. Selain membantu siswa, aplikasi ini juga mudah digunakan. Berikut merupakan aplikasi produktivitas yang sering digunakaan siswa:

 

1. Microsoft office Word

            Seperti yang telah dipaparkan diatas, Microsoft office word merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Pada siswa, office word brfungsi untuk menulis tugas dan membuat makalah, untuk guru, biasanya digunakan untuk membuat rancangan pembelajaran.

2. Microsoft office Powerpoint

            Aplikasi ini memuat berbagai tampilan menarik untuk digunakan sebagai media presentasi. Pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk dapat menyampaikan pendapat didepan kelas, sehingga Microsoft office power poin digunakan untuk mempresentasikan hasil diskusi siswa. Dengan menggunakan power point, tampilan presentasi menjadi lebih menarik.

3. Microsoft office exel

            Meskipun aplikasi pengolah kata ini jarang digunakaan dikelas, namun aplikasi ini sangat penting bagi guru untuk merekap hasil evaluasi siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru tidak lagi pusing untuk menghitung nilai hasil belajar siswa. Dengan memasukkan formula pada kolom, maka hsil nilai siswa selama 1 tahun sudah dapat dilihat.

4. Adobe Flash player

            Aplikasi ini mengeluarkan output berupa video. Aplikasi ini dapat membantu siswa dan guru pada materi yang abstrak. Misalnya pada materi genetika pada mata pelajaran biologi. Guru tidak mungkin dapat mengenalkan gen pada siswa melalui mikroskop, sehingga guru dapat membuat ilustrasi melalui aplikasi ini guna memperjelas materi genetika dan mengurangi miskonsepsi dalam pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA

https://www.yayasan-bopkri.org/berita-artikel/item/341-aplikasi-teknologi-pendidikan-dalam-meningkatkan-produktivitas-pendidikan

Porsche Macan, Aplikasi atau website apa untuk menunjang produktivitas dalam dunia pendidikan? 2017, https://www.dictio.id/t/aplikasi-atau-website-apa-untuk-menunjang-produktivitas-dalam-dunia-pendidikan/14088 (diakses pada 22 april 2018)

https://sites.google.com/site/escampur1002/perkembangan-teknologi (diakses pada 22 april 2018)

https://blogs.itb.ac.id/ku1071k0316213083febirahmadani/2013/10/21/aplikasi-produktivitas/ (diakses pada 22 april 2018)

https://blogs.itb.ac.id/wismaekayanti/2013/10/20/aplikasi-produktivitas/ (diakses pada 22 april 2018)

 

 

Komentar